Gugus Tugas Covid-19 Maluku Utara Terima 1 Unit Mesin PCR dari BNPB Pusat

Ismail Sangaji ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 18:21 WIB
Gugus Tugas Covid-19 Maluku Utara Terima 1 Unit Mesin PCR dari BNPB Pusat
Penyerahan bantuan mesin PCR diserahkan langsung oleh Kepala BPBD Malut, Yunus Badar dan diterima langsung oleh Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Samsudin Abdul Kadir. (Foto: iNews/Ismail Sangaji)

TERNATE, iNews.id - Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid- 19 Maluku Utara (Malut) menerima bantuan berupa satu unit mesin Polymerase Chain Reaction (PCR). Nantinya mesin ini akan ditempatkan di RSUD Hasan Boesorie Ternate.

Mesin PCR ini merupakan bantuan dari Badan Nasional Penanggulanagan Bencana (BNPB) pusat. Begitu tiba, mesin PCR ini dibawa ke Sekretariat Gugus Tugas Covid- 19 Malut di Sahid Hotel Ternate.

Penyerahan bantuan mesin ini diserahkan langsung oleh Kepala BPBD Malut, Yunus Badar dan diterima langsung oleh Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 provinsi setempat, Samsudin Abdul Kadir. Tim gugus tugas Covid-19 telah menunggu kedatangan mesin ini selama satu bulan.

Mesin lalu dicek fisik oleh tim dokter Covid-19 agar segera dapat digunakan. Pasalnya, selama ini tim terkendala saat pemeriksaan swab lantaran tidak memiliki mesin PCR.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut, Samsudin Abdul Kadir mengatakan, akibat ketidakadanya mesin ini, terjadi penumpukan antrean dalam pengiriman swab pasien Covid- 19.

"Tes swab selama ini mengandalkan laboratorium di Jakarta, Makassar dan Manado," katanya.

Dia berharap dengan kehadiran mesin PCR ini, tidak ada lagi antrean pemeriksaan swab. Tim juga jadi lebih banyak dapat memeriksa sampel swab.

Sementara itu, Ketua Tim Dokter Penanganan Covid-19 Malut, dr Handoko menyatakan, alat PCR ini akan segera digunakan agar tidak ada lagi pengiriman spesimen pasien Covid- 19 keluar. Spesimen yang datang dari kabupaten dan kota akan dikerjakan di Malut.

"Harapannya tidak ada lagi antrean dalam pemeriksaan spesimen hasil swab. Semua akan dikerjakan di sini," katanya.

Dalam waktu dekat, akan ada penambahan dua unit mesin PCR.


Editor : Umaya Khusniah