Gempa Bumi M5,3 Guncang Laut Maluku, BMKG Sebut Susulan dari M7,1 Lalu

Subhan Sabu · Minggu, 22 Januari 2023 - 12:49:00 WIT
Gempa Bumi M5,3 Guncang Laut Maluku, BMKG Sebut Susulan dari M7,1 Lalu
Gempa Bumi M5,3 Guncang Laut Maluku, BMKG Sebut Susulan dari M7,1 Lalu (Foto: ilustrasi/Ist)

MANADO, iNews.id - Gempa bumi Magnitudo 5,3 mengguncang wilayah laut Maluku, sekira pukul 04.06 WITA, Minggu (22/1/2023). BMKG Stasiun Geofisika Manado menyebutkan gempa itu rangkaian gempa susulan M7,1 yang terjadi pada Rabu (18/1/2023) lalu.

"Masih merupakan susulan dari gempa M7,1 lalu," kata Deka Agung Pratama Staf operasional BMKG Stasiun Geofisika Manado kepada iNews, Minggu (22/1/2023).

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,2. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,03° Lintang Utara ; 127,14° Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 119 Km arah Tenggara Kota Melonguane, Sulawesi Utara pada kedalaman 22 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal dipicu oleh deformasi batuan dalam Lempeng Laut Maluku," ujarnya

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip). Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempabumi ini menimbulkan guncangan di daerah Damau, Kepulauan Talaud dengan skala intensitas III - IV MMI dan daerah Kabaruan, Kepulauan Talaud dan Halmahera Utara dengan skala intensitas III MMI. 

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi Tsunami," katanya.

Editor : Nani Suherni

Follow Berita iNewsMaluku di Google News

Bagikan Artikel: