Forum Pemred Malut Desak Kapolda Tindak Oknum Polisi yang Intimidasi Wartawan

Antara ยท Kamis, 22 Oktober 2020 - 12:05:00 WIT
Forum Pemred Malut Desak Kapolda Tindak Oknum Polisi yang Intimidasi Wartawan
Forum Pemimpin Redaksi (Pemred) di Maluku Utara (Malut) mendesak kepada Kapolda untuk menghentikan kekerasan yang dilakukan oknum aparat kepolisian. (Foto: Antara)

TERNATE, iNews.id - Forum Pemimpin Redaksi (Pemred) di Maluku Utara (Malut) mendesak Kapolda Irjen Pol Rikwanto untuk menghentikan kekerasan yang dilakukan oknum aparat terhadap para jurnalis. Selain itu, mereka meminta kapolda menindak oknum anggota yang melakukan kekerasan terhadap wartawan saat di lapangan.

“Wartawan bekerja untuk kepentingan public, polisi memiliki tugas untuk pelayanan, pengayoman dan penegakkan hukum. Sehingga kalau ada oknum yang melakukan tindakan kekerasan kepada wartawan saat meliput, harus diproses secara hukum,” kata Koordinator Forum Pemred di Malut, Halik Djokrora saat aksi demo di depan Mapolda, Rabu (21/10/2020).

Dalam aksi yang diikuti puluhan wartawan media cetak, elektronik dan online di Malut itu, dia juga mendesak kapolda untuk memberikan sanksi tegas kepada oknum polisi yang menghalang-halangi kerja wartawan, terutama saat meliput aksi unjuk rasa di kantor Wali Kota Ternate, 20 Oktober 2020.

Selain itu, puluhan wartawan mendesak Kapolda agar memberikan sosialisasi secara intensif kepada anggota kepolisian terkait dengan UU Pers nomor 40 tahun 1999.


Editor : Umaya Khusniah