Disdik Ambon Tetapkan 2 Metode Belajar Siswa selama Pandemi Covid-19

Antara ยท Kamis, 23 Juli 2020 - 08:37 WIB
Disdik Ambon Tetapkan 2 Metode Belajar Siswa selama Pandemi Covid-19
Ilustrasi belajar online. (Foto: Sindonews.com)

AMBON, iNews.id - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon, Maluku tengah menyiapkan skema belajar siswa di tengah pandemi Covid-19. Ada dua metode pembelajaran yang ditetapkan yakni secara daring dan jemput bola guru ke rumah siswa.

"Kita telah menyiapkan skema belajar bagi siswa di tahun ajaran baru 2020/2021 terutama di tengah pandemi Covid-19, " kata Kepala Disdik Kota Ambon, Fahmy Salatalohy, Rabu (22/7/2020).

Menurutnya, dua metode belajar ini merupakan hasil evaluasi dan koordinasi tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kota Ambon dengan seluruh kepala sekolah. Untuk metode jemput bola, guru datang ke rumah siswa menyampaikan tugas, serta membuat dan menyusun jadwal berkelompok belajar dengan melihat kondisi di lapangan.

“Dua metode pembelajaran ini merupakan upaya agar seluruh siswa tetap melakukan aktivitas belajar di rumah masing-masing, baik melalui sistem daring maupun offline,” katanya.

Selama ini, kata dia, kendala yang dihadapi yakni keterbatasan akses internet dan fasilitas yang dimiliki siswa berupa perangkat ponsel android maupun laptop.

"Kita tidak bisa sepenuhnya menerapkan sistem daring, karena tidak semua orang tua siswa memiliki penghasilan yang sama. Bahkan dalam satu keluarga ada yang memiliki tiga anak jika sistem daring maka yang terjadi keterbatasan fasilitas ponsel android maupun laptop," ujar Fahmi.

Dia mengemukakan, Disdik Kota Ambon berupaya agar aktivitas pembelajaran tetap berjalan walaupun harus dilakukan dari rumah masing- masing.

"Belum semua desa dan kelurahan di Ambon terhubung akses internet, terutama kecamatan yang jauh dari pusat kota. Kita berupaya agar proses belajar tetap berjalan," ujar Fahmi.


Editor : Umaya Khusniah