Dirjen Perhubungan Udara Sebut Navigasi Penerbangan Basarnas Ternate Memadai 

Antara · Minggu, 06 Juni 2021 - 17:00:00 WIT
 Dirjen Perhubungan Udara Sebut Navigasi Penerbangan Basarnas Ternate Memadai 
Inspektur Navigasi Penerbangan Dirjen Penerbangan Udara (Dirjenhub) menggelar inspeksi ke Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate terhadap penanganan untuk Navigasi Penerbangan dibidang SAR. Foto: Antara

TERNATE, iNews.id - Navigasi penerbangan yang dimiliki Basarnas Ternate, Maluku, dinyatakan memadai oleh Dirjen Perhubungan (Dirjenhub) Udara, Kementerian Perhubungan. Dari hasil inspeksi, Basarnas Ternate memiliki kualitas navigasi yang memenuhi standar pada bidang SAR.

Ketua Tim Inspeksi Navigasi Penerbangan Dirjenhub, Budi Utomo mengatakan, kantor Basarnas Ternate telah memiliki satu pegawai operator radio komunikasi yang memiliki sertifikat pelatihan Aeronautical Radio Operator. Sarana prasarana yang dimiliki juga memadai namun perlu untuk ditingkatkan lagi.

"Setelah dilakukan inspeksi dapat disimpulkan dari segi prasarana dan sarana yang dimiliki Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate sudah cukup mampu dan siap," kata Budi Utomo, Sabtu (5/6/2021).

Budi juga menyinggung, Basarnas Ternate telah melakukan Perjanjian Koordinasi Operasional (Letter of Operational Coordination Aggrement/LOCA) dengan Kantor Cabang Pembantu Ternate pada 2020 yang berlaku selama lima tahun. Selain itu, Basarnas juga memiliki perjanjian LOCA dengan Kantor Penyelenggara Navigasi Penerbangan Labuha, Sanana, Buli Maba, Kao dan Galela pada 2019 yang berlaku selama lima tahun.

Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah mengatakan, tujuan inspeksi tersebut dilakukan untuk mengetahui sejauh mana Basarnas Ternate siap menghadapi penanganan kecelakaan penerbangan udara. Inspeksi ini dilaksanakan selama dua hari dimulai pada 2 Juni 2021 dengan melaksanakan pemeriksaan dokumen tindak lanjut dari temuan Audit Pengawasan Navigasi Penerbangan Bidang SAR pada 18 Desember 2018. 

Editor : Erwin Sihombing