Brimob Polda Maluku Patroli Harkamtibmas sambil Edukasi Adaptasi Kebiasaan Baru

Antara ยท Minggu, 26 Juli 2020 - 08:29 WIB
Brimob Polda Maluku Patroli Harkamtibmas sambil Edukasi Adaptasi Kebiasaan Baru
Sejumlah personil Kompi 4 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Maluku patroli harkamtibmas penerapan Physical Distancing di Ambon. (Foto: Antara)

AMBON, iNews.id – Personel Brimob Polda Maluku lakukan patroli pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) sembari memberikan edukasi adaptasi kebiasaan baru kepada masyarakat Kota Ambon dan sekitarnya. Kegiatan patroli dan imbauan ini merupakan salah satu upaya memerangi Covid-19.

Personel Brimob memberikan edukasi tentang bahaya penyebarannya dan bagaimana cara mencegahnya di masa adaptasi baru. Edukasi ini diberikan meski Kota Ambon masih berstatus Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

"Setiap kegiatan patroli diberikan imbauan yang humanis dan jadilah contoh yang baik kepada masyarakat dan pelopor kesehatan," kata Dansat Brimob Polda Maluku, Kombes Pol M Guntur di Ambon, Sabtu (25/7/2020).

Seperti kegiatan patroli harkamtibmas penerapan pembatasan fisik yang dilakukan personel Kompi 4 Batalyon A Pelopor Satbrimob. Kegiatan ini dilakukan di salah satu bengkel motor di Pasar Batu Merah, Kota Ambon.

Di lokasi tersebut, personel memberikan arahan kepada warga agar menggunakan masker saat bekerja. Masker sangat penting untuk kesehatan di saat pandemi. Tak hanya itu, personel juga menekankan pentingnya jaga jarak dan pola hidup sehat secara mandiri.

"Gunakan masker dengan benar hingga menutupi mulut dan hidung ketika sakit atau saat berada di tempat umum. Buang tisu dan masker yang sudah digunakan ke tempat sampah dengan benar, lalu cucilah tangan," ujar Guntur.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk memantau perkembangan pandemi Covid-19 namun dari sumber resmi dan akurat. Selain itu juga mengikuti arahan serta informasi dari petugas kesehatan dan dinas kesehatan setempat.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk bakti Brimob Polda Maluku terhadap masyarakat yang terdampak Covid–19 untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Masyarakat sekarang harus bisa menjaga diri dengan cara pola hidup sehat dan rajin cuci tangan serta membersihkan lingkungan sekitar. Termasuk tidak bersentuhan langsung dengan orang yang tidak dikenali," kata Guntur.


Editor : Umaya Khusniah