BNNP Malut Tangani 11 Kasus Peredaran Narkoba 2020, 14 Orang Jadi Tersangka

Antara ยท Kamis, 31 Desember 2020 - 11:42:00 WIT
BNNP Malut Tangani 11 Kasus Peredaran Narkoba 2020, 14 Orang Jadi Tersangka
Ilustrasi kasus narkoba. (Foto: iNews/Adrianus Susandra)

TERNATE, iNews.id - Sebanyak 11 kasus peredaran gelap narkoba ditangani Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara (Malut) sepanjang 2020. Ada 14 orang yang dijadikan tersangka.

"Dari jumlah pengungkapan jaringan kasus tindak pidana Narkotika pada 2020, tercatat sembilan kasus telah masuk dalam tahap II penyerahan barang bukti dan tersangka ke Kejaksaan. Dua kasus dalam proses penyidika," kata Kabag Umum BNNP Malut, Fatahillah Syukur, Rabu (30/12/2020).

Sementara tersangka berasal dari berbagai dengan profesi. Di antaranya swasta/wiraswasta sembilan orang dan belum bekerja dua orang, ASN satu orang dan anggota Polri dua orang. BNNP Malut akan menangani kasus yang diproses hingga ke pengadilan.

Fatahillah mengatakan, hal ini menjadi tugas BNN termasuk BNN Provinsi Malut untuk aktif melakukan upaya memutus mata rantai suplai, kebutuhan penyalahgunaan maupun  peredaran gelap narkoba. Selain itu juga menekan angka prevalensi penyalah guna narkoba di provinsi Malut melalui program dan kegiatan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Dia mengemukakan, jumlah prevalensi penyalah guna narkoba di Indonesia berdasarkan hasil survei Pusat Penelitian Kesehatan (Puslitkes) Universitas Indonesia dengan BNN pada 2019 mengalami peningkatan secara nasional. Yakni 1,80 persen dari 267 juta jiwa jumlah penduduk Indonesia.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2 3