Belasan Kubik Kayu Ilegal Diamankan di Malut, Identitas Pemilik Sudah Diketahui Polisi

Ismail Sangaji ยท Kamis, 18 Juni 2020 - 14:25 WIB
Belasan Kubik Kayu Ilegal Diamankan di Malut, Identitas Pemilik Sudah Diketahui Polisi
Kayu ilegal yang diamankan polisi di Maluku Utara. (Foto: iNews/Ismail Sangaji)

TERNATE, iNews.id - Dua unit truk diamankan Direktorat Kriminal Khusus Polda Maluku Utara (Malut) karena memuat puluhan kubik kayu ilegal hasil pembalakan liar. Kayu olahan yang berasal dari Kabupaten Halmahera Timur itu akan dibawa ke Kota Tidore Kepulauan.

Kayu tersebut tidak dilengkapi dengan dokumen resmi. Bahkan untuk mengelabui petugas, kayu diangkut menggunakan mobil khusus penyaluran bantuan sembako Covid-19.

Petugas mengamankan dua truk bermuatan kayu kelas satu itu di Pelabuhan Penyembrangan Ferry Bastiong Kota Ternate, Provinis Malut. Rencananya, kapal menyeberang ke Kota Tidore Kapulauan.

Penyidik Ditreskrimsus Polda Malut, AKBP Aan Hardiansyah mengatakan, Kedua sopir hanya melengkapi surat izin keluar masuk antarkabupaten/kota di Provinsi Malut. Kini keduanya diamankan polisi.

"Dari hasil penyelidikan sementara, pemilik kayu sudah diketahui identitasnya yang berasal dari Halmahera Timur," katanya, Selasa (16/6/2020). 

Kini penyidik akan berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah Satu Ternate untuk menghitung jumlah pasti kayu yang disita dari dua truk itu.


Editor : Umaya Khusniah