Belajar Tatap Muka di Ternate, SD dan SMP Terapkan Sistem Sif Untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Antara ยท Kamis, 19 November 2020 - 19:27:00 WIT
Belajar Tatap Muka di Ternate, SD dan SMP Terapkan Sistem Sif Untuk Cegah Penyebaran Covid-19
Ilustrasi belajar tatap muka di sekolah. (Foto Antara).

TERNATE, iNews.id – Sejumlah SD dan SMP sederajat di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) memberlakukan sistem sif dalam belajar tatap muka. Langkah ini untuk mencegah penularan Covid-19.

Salah satu sekolah yang akan menerapkan sistem sif yakni, SLTP Negeri 2 Kota Ternate. Kepala sekolah, Isman Do Idris mengatakan, belajar tatap muka di masa pandemi Covid-19 ini sebenarnya belum sepenuhnya dilakukan. Hal ini lantaran pihanya tengah melakukan sejumlah persiapan.

Langkah persiapan di antaranya, melakukan pembersihan di semua kelas dan lingkungan sekolah, pembagian sif belajar dan meminta persetujuan dari orang tua murid untuk belajar tatap muka.

"Kami akan terus lakukan sejumlah persiapan, baik itu kelas dan pembagian sif belajar. Kita juga meminta pernyataan persetujuan dari orang tua murid terkait izin untuk sekolah. Surat ditandatangani oleh para orang tua di atas materai," ujarnya, Kamis (19/11/2020).

Bahkan, saat sekolah perdana dengan melakukan sekolah tatap muka, sejumlah sekolah baik tingkat TK/PAUD, SD dan SMP di Kota Ternate mulai melakukan persiapan teknis pembelajaran. Untuk pembagian sif belajar, nanti akan diatur per hari hanya dua mata pelajaran.

Sedangkan untuk jumlah siswa dan jam belajar akan dibagi menjadi dua. Dalam proses pembelajaran, tatap muka untuk sif satu dan dua tidak akan saling bertemu.


Editor : Umaya Khusniah