Bayi dalam Kardus Dibuang di Ternate, Warga Berebut untuk Dijadikan Anak Angkat

Antara ยท Senin, 27 Juli 2020 - 12:33 WIB
Bayi dalam Kardus Dibuang di Ternate, Warga Berebut untuk Dijadikan Anak Angkat
Ilustrasi bayi. (Foto: Istimewa)

TERNATE, iNews.id – Seorang bayi laki-laki ditemukan warga Kelurahan Kalumata Puncak, RT 19/RW 06, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara (Malut). Saat ditemukan, kondisi bayi sudah bersih dan dimasukkan dalam kardus.

Bayi malang tersebut ditemukan oleh Suhaeba Lampa yang tinggal di depan Pondok Pesantren Hidayatullah, Jalan Pesantren Hidayatullah, Sabtu (25/7/2020) pagi. Diduga, bayi tersebut lahir sehari sebelumnya.

Saat itu, Suhaeba Lampa yang hendak pergi membeli sayur dan kelapa parut, melihat kardus di depan jalan. Awalnya dia menduga kardus tersebut berisi sampah.

“Kenapa orang buang sampah di sini padahal ini kan pondok pesantren,” katanya saat itu.

Saat dibuka, dia mengira di dalamnya sebuah boneka. Namun saat diperhatikan lebih seksama, mata bayi tersebut bergerak.

Dia lantas berteriak dan memberi tahu seorang tukang ojek yang kebetulan lewat. Dalam kardus juga ditemukan kemasan susu bayi satu pak, botol susu, bedak bayi, dan beberapa helai kain.

Kabar penemuan bayi laki-laki ini lantas menyebar. Banyak warga berebut ingin menjadikannya anak angkat.

Sekitar satu jam kemudian, polisi tiba di lokasi kejadian dan langsung membawa bayi tersebut ke Puskesmas Kalumata. Namun lantaran lahir prematur, bayi tersebut dibawa RSUD Chasan Boesorie (CB) untuk dirawat dalam inkubator.

Saat diperiksa di RS CB, kondisi bayi dalam keadaan sehat dengan berat dua kilogram. Akhirnya bayi diperbolehkan untuk dibawa pulang.

Kapolsek Ternate Selatan, Iptu Supriyadi saat dikonfirmasi membenarkan atas temuan bayi tersebut. "Iya, ditemukan bayi berjenis kelamin laki-laki. Langkah selanjutnya kami tetap melakukan penyelidikan," ujarnya.


Editor : Umaya Khusniah