Basarnas Ambon Tangani 73 Kecelakaan Sepanjang 2021

Antara ยท Rabu, 05 Januari 2022 - 15:14:00 WIT
Basarnas Ambon Tangani 73 Kecelakaan Sepanjang 2021
Pelayaran di perairan Maluku Utara. (Foto: iNews/Ismail Sangaji).

AMBON, iNews.id - Badan SAR Nasional Ambon telah menangani 73 kasus kecelakaan sepanjang tahun 2021. Kasus kecelakaan tersebut menimbulkan korban sebanyak 940 orang.

Kepala Kantor Pertolongan dan Pencarian Badan SAR Nasional Ambon, Mustari mengungkapkan, 54 kasus di antaranya adalah kejadian kecelakaan kapal.

“Saya sangat mengapresiasi semangat rekan-rekan semuanya dalam hal pelaksanaan Siaga SAR khusus pada 2021, baik yang di Ambon, Banda, Namlea, Tual, Saumlaki, dan Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru,” kata Mustari di Ambon, Rabu (5/1/2022).

Menurut Mustari, berbagai potensi kecelakaan di laut di tahun 2022 ini bisa dihindari dengan tetap memperhatikan imbauan SAR.

"Untuk itu kami mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati dengan selalu memperhatikan faktor keselamatan dalam melaksanakan aktivitas di perairan Maluku," ujar Mustari.

Pada Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, pihaknya juga melakukan Siaga SAR Khusus. Hal ini dimulai sejak 14 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022. 

Pelaksanaan Siaga SAR khusus dilakukan di beberapa posko utama di Kota Ambon seperti Bandar Udara Internasional Pattimura, Pelabuhan Yos Sudarso, Pelabuhan Slamet Riyadi, dan beberapa tempat-tempat wisata di Ambon.

Basarnas Ambon menyatakan semua operasi ini terlaksana dengan lancar dan aman. Sepanjang Siaga SAR khusus Natal dan Tahun Baru, tim SAR berhasil menangani tiga laporan musibah yang terjadi di Namlea, Maluku Tengah, dan Seram Bagian Timur.

Editor : Reza Fajri

Bagikan Artikel: