Banjir Landa Saumlakki Maluku, Bupati Kepulauan Tanimbar Ikut Bersihkan Selokan

Antara ยท Senin, 04 Mei 2020 - 12:40 WIT
Banjir Landa Saumlakki Maluku, Bupati Kepulauan Tanimbar Ikut Bersihkan Selokan
Bupati Tanimbar Petrus Fatlolon (tengah) bersama warga membersihkan selokan yang tersumbat di daerah permukiman di kota Saumlakki, Minggu (3/5/2020). (Foto: ANTARA/Simon Lolonlun)

SAUMLAKKI, iNews.idBanjir mengguyur sejumlah wilayah di Saumlakki, ibu kota Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Minggu (3/5/2020). Genangan air disebabkan hujan lebat yang mengguyur sejak Minggu dini hari.

Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon turun ke lokasi banjir meski hujan masih terus mengguyur, Minggu pagi. Saat tiba di lokasi tepatnya di ruas Jalan Boediono, dia bersama beberapa warga setempat membersihkan saluran air yang tersumbat sampah.

"Sampah-sampah ini menumpuk dan mengakibatkan saluran air tidak berfungsi dan akhirnya air yang mengalir menggenangi jalan dan wilayah pemukiman," kata dia.

Hujan lebat dan banjir ini nyaris melumpuhkan aktivitas warga di sejumlah ruas jalan ibu kota Kabupaten Kepulauan Tanimbar tersebut. Belakangan, Bupati Petrus bersama Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Ruben Moriolkosu dan kepala Bappeda, Kadis Bina Marga, dan Kadis Cipta Karya memantau setiap lokasi yang rawan banjir.

"Sejumlah titik yang rawan digenangi air ini telah didata dan segera akan kami tangani. Perlu direncanakan drainase yang cocok di daerah-daerah itu supaya tidak lagi ada banjir seperti yang terjadi saat ini," kata Petrus.

Dia juga meminta kepala Dinas Cipta Karya untuk rutin memeriksa saluran-saluran air di kota Saumlakki. Terutama di daerah yang rawan tergenang air dan mengakibatkan banjir, sambil menunggu perbaikan.

"Saya juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan di drainase karena akan menjadi ancaman banjir dan meluap ke mana-mana," katanya.


Editor : Umaya Khusniah