281 Relawan Dikukuhkan untuk Bantu Penanganan Wabah Covid-19 di Kepulauan Tanimbar

Antara ยท Selasa, 05 Mei 2020 - 16:11 WIT
281 Relawan Dikukuhkan untuk Bantu Penanganan Wabah Covid-19 di Kepulauan Tanimbar
Acara pengukuhan relawan pencegahan dan penanganan COVID-19 Kabupaten Tanimbar yang berlangsung di Gedung Kesenian Saumlaki, Senin (4/5/2020). (Foto: Antara/Simon Lolonlun)

SAUMLAKKI, iNews.id – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon mengukuhkan 281 relawan yang akan membantu upaya percepatan penanganan virus corona di wilayah itu. Pengukuhan dilaksanakan di Gedung Kesenian Saumlakki, Senin (4/5/2020).

Hadir dalam acara ini tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Tanimbar. "Relawan itu terdiri dari 56 orang yang bertugas sebagai relawan kesehatan dan 225 orang yang bertugas sebagai relawan sosial," kata Petrus Fatlolon yang juga Bupati Kepulauan Tanimbar.

Bupati Kepulauan Tanimbar itu menyatakan, pembentukan relawan ini berdasarkan usulan tertulis maupun lisan dari sejumlah elemen masyarakat. Mereka ingin turut terlibat membantu pemerintah daerah dalam penanganan dan pencegahan Covid -19.

Pasca-dikukuhkan, para relawan sosial akan membantu dinas sosial dalam memvalidasi data kepala keluarga yang berhak menerima bantuan. Relawan juga akan membantu menyalurkan bantuan-bantuan sosial kepada masyarakat.

"Setelah dilantik, mereka akan mengikuti pembekalan di gedung kesenian. Dibekali dengan materi teknis tentang kerja-kerja di lapangan," katanya.

Bupati mengapresiasi para relawan yang telah bersedia untuk membantu Gugus Tugas dalam melaksanakan misi kemanusiaan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, terutama dalam masa pandemi Covid -19. Sementara masa tugas para relawan akan berakhir bersamaan dengan berakhirnya pelaksanaan tugas dari Gugus Tugas Covid -19 Kabupaten Kepulauan Tanimbar.


Editor : Umaya Khusniah