251 Karyawan PT Nusa Halmahera Mineral Positif Covid-19

Antara ยท Kamis, 15 Juli 2021 - 19:48:00 WIT
251 Karyawan PT Nusa Halmahera Mineral Positif Covid-19
Puluhan karyawan PT NHM dikawal petugas kesehatan menjalani karantina di Ternate, Senin (28/6/2021). Terjadi peningkatan kasus Covid-19 pada klaster tambang di Maluku Utara. Foto: iNews.id/Ismail Sangaji

TERNATE, iNews.id - Kasus Covid-19 di Halmahera Utara (Halut) didominasi klaster pertambangan. Pasalnya, 251 karyawan tambang emas PT Nusa Halmahera Mineral (NHM) dilaporkan positif Covid-19.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Halut, Muhamad Tapitapi, kasus Covid-19 di wilayahnya kini sebanyak 307 dan lebih dari setengahnya disumbang dari klaster tambang NHM. Seluruh karyawan positif sekarang ini menjalani isolasi mandiri di sejumlah hotel.

"Sebanyak ratusan karyawan perusahaan pertambangan emas itu, sudah menjalani karantina di sejumlah hotel di dua daerah yakni di Tobelo Ibu Kota Kabupaten Halut dan Kota Ternate," ujarnya.

Dia mengatakan, hingga kini belum diperoleh berapa banyak yang sudah selesai menjalani karantina di kota Tobelo dan di Kota Ternate. Diharapkan PT NHM terus mengontrol ketat terkait protokol kesehatan bagi karyawan saat menjalani selama masa karantina.

Secara kumulatif, kata Tapitapi, kasus Covid-19 di Kabupaten Halut, mencapai 1.722. Sebanyak 977 orang telah dinyatakan sembuh sedangkan 26 orang meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Maluku Utara, Idhar Sidi Umar mengatakan, kasus di PT NHM menjadi klaster baru Covid-19  di Malut pada pertengahan tahun 2021 ini, karena angka paparan yang cukup banyak. Dia menilai hal ini disebabkan rendahnya kepatuhan masyarakat menjalankan protokol kesehatan.

"Lonjakan kasus Covid-19 terjadi, karena diketahui banyaknya warga di daerah ini tidak taat protokol kesehatan saat menikmati waktu libur, sejak bulan Mei hingga Juli ini," kata dia.

Editor : Erwin C Sihombing