222 Rumah di Halmahera Selatan Rusak setelah Gempa Bermagnitudo 5,2

Ismail Sangaji ยท Minggu, 28 Februari 2021 - 16:20:00 WIT
222 Rumah di Halmahera Selatan Rusak setelah Gempa Bermagnitudo 5,2
Rumah rusak di Halmahera Selatan akibat gempa. (Foto: iNews/Ismail Sangaji).

TERNATE, iNews.id - Sebanyak 222 rumah rusak akibat gempa bumi bermagnitudo 5,2 mengguncang Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, Papua Barat. Sejumlah tenda-tenda darurat didirikan untuk membantu masyarakat.

Data dari BPBD ada 222 rumah rusak di Kota Labuha, yang menjadi pusat gempa bumi di Kabupaten Halmahera Selatan. Sejumlah warga sementara mengungsi di tenda darurat.

Ratusan rumah rusak tersebut tersebar di empat kecamatan, yakni Bacan Tengah, Bacan Timur, Bacan Utara, dan Bacan Barat. Selain itu, sejumlah fasilitas RSUD rusak, membuat puluhan pasien menjalani perawatan di tenda darurat.

Dandim 1509/Labuha, Letkol Inf Untung Prayitno mengatakan, pascagempa bumi bermagnitudo 5,2 petugas gabungan langsung membantu evakuasi korban.

"Penanganan awal sudah kami lakukan. Tenda darurat juga sudah berdiri untuk melayani warga," kata Letkol Untung di Kabupaten Halmahera Selata, Minggu (28/2/2021).

Sementara jumlah korban dan kerugian dampak bencana masih dalam proses pendataan. Terkait kerusakan rumah, sementara belum bisa dipastikan mana kategori rusak berat, sedang dan berat.

"Ada tujuh orang luka akibat gempa bumi. Namun semua sudah menjalani perawatan," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal