10 Polsek di Jajaran Polda Malut Tak Lagi Tangani Penyidikan Kasus, Ini Alasannya

Antara ยท Kamis, 01 April 2021 - 14:24:00 WIT
10 Polsek di Jajaran Polda Malut Tak Lagi Tangani Penyidikan Kasus, Ini Alasannya
Ilustrasi layanan hukum. (Foto: Ist)

TERNATE, iNews.id - Sebanyak 10 kepolisian sektor (polsek) di jajaran Polres Maluku Utara (Malut) tidak lagi menangani penyidikan kasus. Polsek-polsek ini hanya diberikan kewenangan melakukan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas).

"Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari program Kapolri yakni menuju Polri yang presisi. Jadi, Polri dituntut menjadi prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan," kata Kabid Humas Polda Malut, Kombes Pol Adip Rojikan, Rabu (31/3/2021).  

Sebelumnya Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, telah menerbitkan Surat Keputusan dengan Nomor: Kep/613/III/2021 tertanggal 23 Maret 2021 tentang penunjukan kepolisian sektor hanya untuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat. Selanjutnya penanganan kasus akan dilimpahkan di polres sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentukan. Kasus yang ada akan dilimpahkan ke polres sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentukan.

"Polsek jajaran Polda Malut  yang ditunjuk fokus Harkamtibmas yakni berjumlah 10 polsek di tujuh Polres yang ada di Malut," ujar Adip.

Ke-10 polsek tersebut yakni Pelabuhan Ahmad Yani Polres Ternate, Sanana yang merupakan jajaran Polres Kepulauan Sula. Selanjutnya Polsek Bacan Timur dan Polsek Pulau Bacan di Polres Halsel.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2