Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun memimpin rapat aksi percepatan kasus stunting, Jumat (1/7/2022). (Foto: iNews TV/Dheddy Rumangun)
Dheddy Rumangun

MALUKU, iNews.id -  Bupati Maluku Tenggara (Malra) Muhamad Thaher Hanubun optimistis bisa mengejar target standar stunting yang ditetapkan pemerintah pusat sebesar 14 persen.

Saat ini, angka stunting di Kabupaten Maluku Tenggara masih sebesar 18 persen.

Hal itu disampaikan Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun dalam rembuk stunting aksi ke-3 bersama seluruh tim stunting di ruang rapat Bupati Malra, Jumat (1/7/2022).

Hanubun mengatakan, sesuai rencana pembangunan jangka menengah nasional maka target pemerintah penurunan stunting harus mencapai 14 persen. Untuk itu, diharapkan agar target ini dapat diperoleh Maluku tenggara.

"Kalau hal ini dapat dikerjakan bersama-sama dengan modal persatuan pasti bisa terwujud target tersebut," katanya.

Dia menegaskan, data base stunting harus menjadi perhatian, sehingga tidak kerja asal-asalan. Karena itu, kerja harus terukur dan sistematis melalui data base yang dikelola sehingga sasaran dapat dicapai.

"Dari tahun ke tahun, angka penurunan stunting sudah baik, jadi harus terus ditingkatkan kinerja agar dari 18 persen itu kita bisa peroleh 14 persen," ujarnya.

Hanubun berharap, semua komponen yang tergabung dalam hal ini yaitu, organisasi dan perangkat daerah harus berkomitmen untuk penanganan stunting, Karena permasalahan stunting sudah menjadi program nasional untuk di tangani secara serius.

"Maka kita semua wajib melaksanakan demi masyarakat kita yang ada di maluku tenggara tanpa harus melihat dari kedekatan emosional pribadi atau kelompok, namun sasaran stunting sesuai dengan area yang harus dilakukan," katanya.


Editor : Kastolani Marzuki

BERITA TERKAIT